Beranda | Artikel
Memberi Perhatian dan Memahami Remaja
Kamis, 25 April 2024

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary

Memberi Perhatian dan Memahami Remaja merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary dalam pembahasan Ada Apa dengan Remaja. Kajian ini disampaikan pada Selasa, 14 Syawal 1445 H / 23 April 2024 M.

Kajian Tentang Memberi Perhatian dan Memahami Remaja

Maka berikan perhatian dan berusaha untuk memahami mereka, seperti yang sudah kita jelaskan berulang kali. Dialog itu dua arah. Jangan biarkan dia terus bicara, dan jangan biarkan juga kita yang terus bicara. Harus ada dialog dua arah. Dia bicara, kita mendengar; kita bicara, dia mendengar; itu menjadi penting untuk menunjukkan perhatian kita kepadanya, bahwa kita berusaha untuk memahaminya. Sebaliknya, juga kita juga ingin dia memahami dan mengerti kata-kata kita.

Kemudian, berikutnya adalah jangan memberikan kesan intimidasi, memojokkan mereka, atau menghakimi. Atau, kita menerka niatnya seolah-olah kita tahu apa yang ada di dalam hatinya. Itu banyak dilakukan oleh para orang tua; kamu begini kan, begitu kan, seolah-olah menghakimi hatinya, sesuatu yang tidak ada orang lain tahu apa isi hati manusia, termasuk hati anak kita.

Bagaimanapun kita dekatnya dengan seseorang, kita tidak boleh menghakimi hatinya, karena urusan hati antara yang bersangkutan dengan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Walaupun itu anak kita sendiri, tidak boleh kita menghukumi manusia atas dasar apa yang ada di dalam hatinya, karena itu urusan antara dia dan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/54104-memberi-perhatian-dan-memahami-remaja/